Minggu, 02 Januari 2011

Web Pemasaran

Pemasaran website harus dilakukan setelah memiliki website. Jika tidak dilakukan pemasaran website yang dimiliki, maka website tersebut akan sia-sia, karena tidak ada orang yeng mengetahui keberadaan website tersebut. Jika tidak ada yang mengetahui keberadaan website, maka tidak akan terjadi penjualan. Pemasaran website dapat dibedakan menjadi dua, yaitu offline dan online. Pemasaran offline adalah pemasaran yang tidak berhubungan dengan internet. Sedangkan pemasaran online adalah pemasaran yang berhubungan dengan internet.

Pemasaran offline dapat dilakukan melalui:
• Kartu nama
• Brosur
• Iklan pada media cetak dan elektronik

Pemasaran online dapat dilakukan melalui:
• Optimalisasi search engine, sehingga website kita akan berada diperingkat atas pencarian search engine seperti google.com atau yahoo.com. Semakin tinggi peringkat yang dimiliki akan semakin besar kemungkinan website kita dikunjungi.
• Mendaftarkan website kita ke website lain, sehingga website lain akan memiliki link ke website kita. Misalnya mendaftarkan website kita pada website asosiasi industri tertentu.
• Melakukan pertukaran link antara dua website. Misalnya ada website yang menjual pakaian bayi dan website yang menjual makanan bayi. Mereka dapat melakukan pertukaran link, sehingga masing-masing akan memiliki link kewebsite lainnya. Pengunjung website pakaian bayi dapat melihat link yang menuju website makanan bayi, sedangkan pengunjung website makanan bayi dapat melihat link yang menuju website pakaian bayi.
• Mengirimkan penawaran produk melalui email. Perlu diperhatikan agar email yang dikirim tersebut tidak mengganggu orang.
• Iklan bayar diinternet, seperti pada google.com, yahoo.com, atau website lainnya yang menerima iklan.

Pemilihan pemasaran website offline atau online, perlu dipertimbangkan agar sesuai dengan perilaku konsumen. Apakah produk yang kita tawarkan akan lebih efektif jika dilakukan pemasaran online atau tidak? Apakah orang biasa mencari produk kita lewat internet atau melalui kerabatnya? Dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut kita akan dapat menentukan metode apa yang akan kita gunakan.

0 komentar:

Posting Komentar